What We Read


Wednesday, January 5, 2011

The Cider House Rules


Judul : The Cider House Rules
Pengarang : John Irving, 1985
Penerbit : Black Swan, 1998 paperback edition reprinted
Tebal : 731 halaman; 12.5 x 19.8 cm


Ceritanya berkisar di kehidupan seorang anak yatim piatu bernama Homer Wells, dari mulai lahir di panti asuhan St Cloud's sampai besar dan dewasa di sebuah perkebunan apel bernama Ocean View.

Panti asuhan St Clouds dikepalai dokter Wilbur Larch, yang dibantu dua orang suster, Suster Edna dan Suster Angela. Seperti sebagian besar anak lainnya di panti asuhan itu, Homer Wells lahir di sana, dan ibunya langsung pergi meninggalkan tempat itu. Homer sendiri diberi nama oleh Suster Angela. Dan entah mengapa, setelah berkali-kali ditempatkan untuk adopsi, Homer selalu kembali ke panti asuhan dengan berbagai alasan. Sehingga akhirnya Dokter Larch dan kedua suster itu memutuskan, bahwa Homer Wells sudah ditakdirkan untuk menetap di panti tersebut, sesuatu yang sebelumnya tidak pernah terjadi.

Seiring waktu, dokter Larch dan kedua suster tersebut semakin menyayangi Homer. Dokter Larch bahkan mulai mendidik Homer dengan ilmu kedokteran, terutama yang berhubungan dengan kebidanan. Hingga sampai suatu waktu, kedatangan sepasang muda-mudi yang berpenampilan menarik ke panti tersebut mengubah rutinitas yang selama ini dijalani Homer.

Homer pun dibawa ke perkebunan Ocean View bersama pasangan Wally Worthington dan Candy Kendall. Bertahun-tahun di perkebunan, Homer pun mempelajari banyak hal baru, termasuk mengelola rumah pengolahan cider,minuman beralkohol dari sari buah apel.

Tapi dokter Larch dan kedua suster masih berharap, Homer akan kembali ke St Clouds, untuk meneruskan pekerjaan Dokter Larch. Pekerjaan dari Tuhan, demikian disebut oleh Dokter Larch. Yah, inilah yang membuat Homer ragu untuk mengikuti jejak dokter tua yang sudah seperti ayahnya itu. Selain menolong para perempuan untuk melahirkan, dan meninggalkan bayi mereka di panti itu, sang dokter mendukung aborsi, menjalankan praktek aborsi di panti asuhan itu bagi para perempuan yang tidak menginginkan bayinya, jika aborsi dianggapnya masih dapat dilakukan. Dan Homer menentangnya....

Tapi akhirnya waktu dan situasi membuat Homer akhirnya memilih untuk kembali ke St Clouds, dan meneruskan Pekerjaan dari Tuhan.

**Hm, spoiler yah akhirnya? hehehe :D**

Mau komen apa yaaaa? Ceritanya emang panjaaaaaang banget, soalnya semuanya diceritain. Dari mulai gimana Dokter Larch akhirnya memutuskan untuk selibat dan mendukung aborsi, dan juga kisah Homer yang mulai bayi sampai hampir remaja, berkali-kali diadopsi tapi selalu kembali. Lalu ada juga kisah cinta segitiga yang menghasilkan anak di luar nikah tapi tetap diinginkan. Ada juga masalah incest, seks remaja, kecanduan ether, duh, rame banget hehehehe

Sebenarnya, buku ini udah dibeli lumayan lama, tapi sempat terselip di balik tumpukan buku-buku lain *blush* dan baru ditemukan di bulan Desember 2010, waktu beres-beres lemari sih hehehehe. Belinya kalau gak salah sekitar 3-4 tahun yang lalu, di toko buku bekas yang pasti, tapi lupa di mana hehehe. Waktu itu beli juga cuma iseng, karena kayaknya pernah dengar deh, kalau gak salah pernah ada filmnya (tapi gak nonton juga huahahhaa). Yah akhirnya karena ditemukan kembali, mulai dibaca, eh ternyata baguuuussss..... Biarpun panjang, tapi gak bikin bosen, dan walau banyak detail, tapi saling terkait dan mengalir sampai akhir gitu.

Jadi, aku suka buku ini... di bagian akhir, aku nangis, karena ngerasa berat berpisah dengan para tokohnya :( Sepertinya termasuk buku yang suatu saat nanti akan kubaca ulang, karena aku memang menikmati cerita yang ditulis John Irving ini.

*lagi males juga untuk cari tahu tentang si penulis, cuma tahu pernah ada terjemahan bukunya dalam bahasa Indonesia, diterbitkan GPU, yang judulnya The Fourth Hand, tapi aku juga belum baca hihihihi*

**Crosspost dari blog bukuku **

5 comments:

  1. yang jd homer ini si spiderman bukan, ya?

    ReplyDelete
  2. Hah? Spiderman???

    Oh, Tobey. *refleks telat*

    ReplyDelete
  3. gak tauuu.... aku kan blon pernah nonton cider house rules ini hihihihi

    ReplyDelete
  4. iya, tadi aku tanpa sengaja melihat kover buku ini tapi adaptasi dari filmnya. dan mirip si spiderman tobey ini. :D

    ReplyDelete